MANFAAT INTERNET BAGI GURU PRODUKTIF TKJ
Proses Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka didalam belajar terdapat informasi (pengetahuan) yang harus diberikan kepada peserta didik. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber-sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah internet. Internet adalah pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negative dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimananan serta moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh.
Contoh kongkrit dalam pendayagunaan ICT adalah proses belajar dikelas yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses belajar di sekolah , internet diharapkan mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komonikasi interaktif antara guru dengan siswa. Kondisi yang perlu didukung oleh internet berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yaitu sebagai kegiatan komonikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut. ( Boettcher 1999).
Pemanfaatan internet pada saat ini masih berada pada level perguruan tinggi, dan itupun belum merata. Sedangkan pada level SD sampai dengan SMU/SMK, pemanfaatan internet masih sangat minim dan terbatas pada daerah perkotaan yang sudah memiliki jaringan atau koneksi internet. Dilain pihak dalam dunia pendidikan, diperhadapkan pada kendala bahwa metode pembelajaran konvensional yang diterapkan saat ini sudah tidak memenuhi kebutuhan dunia pendidikan yang ada.
Ironisnya, guru masih sedikit sekali menggunakan media internet ini sebagai media pembelajaran, kemungkinan disebabkan kurang pahamnya guru menggoperasikan komputer, sehingga timbul rasa keminderan dalam diri seorang guru untuk mengajak siswanya belajar dengan menggunakan media internet , padahal mau tidak mau kita tidak mungkin terhindar dari teknologi komonikasi dan informasi. Banyak hal yang dapat dilakukan seorang guru agar mampu menyesuaikan diri dalam era pembelajaran yang semakin canggih, terutama menggunakan media internet.
Kompetensi guru harus lebih ditingkatkan, misal dengan mengikuti pelatihan yang berbasis komputer, kursus-kursus, dan sekolah agar lebih tanggap untuk mengirim guru-gurunya mengikuti pelatihan pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan maupun sekolah- sekolah lain, dan memberikan kesempatan yang sama kepada guru-guru untuk dapat lebih aktif dalam mengikuti pelatihan yang berbasis komputer, serta mengadakan pelatihan komputer secara internal dilingkungan sekolah masing-masing. Bila hal itu dapat kita lakukan mudah-mudahan dapat sedikit mengurangi jumlah guru yang sangat elergi terhadap komputer, dan dapat melakukan proses belajar dikelas dengan menggunakan media
Kompetensi TKJ tidak terlepas dari teknologi, proses pembelajaran yang didukung dengan Internet sangat membantu dalam proses penyampaian informasi pembelajaran bagi siswa. Ada beberapa manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran TKJ adalah:
a. Meningkatkan pengetahuan siswa lebih cepat
Era globalisasi menuntut guru ataupun siswa harus tanggap terhadap informasi, ata pepatah mengatakan jikalau kalian mau maju dan sukses maka orang yang tanggap dan cepat memperoleh informasi maka itulah pemenangnya, tentu jelas keberadaan internet dalam dunia pendidikan tertama dalam proses belajar mengajar ( menuntut ilmu) membantu lebih cepat memperoleh dan mengakses ilmu / informasi mata pelajaran TKJ.
b Berbagi sumber informasi diantara siswa, guru dan teman sejawat lainnya
Keberadaan internet merupakan salah satu sumber informasi, dengan tidak terbatasnya ruang dan waktu membantu guru, siswa untuk saling tukar informasi atau pun ilmu.
c. Sebagai Sumber Belajar/Pusat Informasi baik bagi siswa ataupun guru
keberadaan internet untuk proses belajar mengajar bagi guru produktif TKJ merupakan pardu ain atau wajib mengingat mata pelajaran produktif TKJ dengan internet tidak bisa dipisahkan, bagaikan Romeo dan Juliet. Internet bisa dijadikan sumber belajar, informasi ataupun literatur tentang pembelajaran produktif TKJ sudah tersedia dengan lengkap, tinggal kita yang bisa memilter atau memilihnya, apakah informasi itu layak atau tidak. Dalam penggunaan internet, kita dapat melakukan secara halus sebagai contoh tugas yang kita berikan dikumpulkan melalui email, atau kita kirimkan email tugas pada siswa. Dengan demikian maka siswa harus membuat email. Kita dapat juga memasang tugas di dalam blog, atau website. Siswa yang akan melihat tugas harus mengunjungi blog yang bersangkutan.
Dalam pembelajaran Produktif TKJ pemanfaatan Internet tidak terbatas hanya sebagai sumber informasi saja tetapi siswa Produktif TKJ harus mampu mengintalasi internet dengan baik karena produk atau kompetensi jurusan TKJ salah satunya adalah mengintalasi mulai dari persiapan desain Topologi sampai dengan pemasangan perangkat keras jaringan (sebagai media internet) adalah hasil produk dari siswa TKJ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar