Mengembangkan Flow Chart
I. Pengertian Flowchart
Bagan alir (Flowchart) adalah bagan yang menggambarkan urutan instruksi proses dan hubungan satu proses dengan proses lainnya menggunakan simbol-simbol tertentu. Berikut pengertian flowchart menurut para ahli adalah :
Budi Sutedjo Dharma Oetomo (2002:126) Flowchart merupakan metode untuk menggambarkan tahap-tahap pemecahan masalah dengan merepresentasikan simbol-simbol tertentu yang mudah dimengerti, mudah digunakan, dan standar.
Sariadin Siallagan (2009:6) menyatakan flowchart adalah suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan masalah.
A. Dasar-Dasar Flow Chart
Untuk menghasilkan sebuah model program pembelajaran berbasis komputer, maka langkah awal yang harus dikembangkan dalam memproduksinya adalah MENDESAIN MODEL ALUR BERPIKIR ISI PROGRAM TERSEBUT YANG DISEBUT DENGAN MODEL FLOW CHART.
Flow Chart
• Representasi diagram yang menggambarkan urutan operasi suatu program.
• Flowcharts facilitate communication between programmers and business people.
• Flowchart membantu dalam pemahaman logika problem yang kompleks.
• Membantu dalam penulisan atau implementasi program.
• Membantu menjelaskan program pada orang lain
• Merupakan dokumentasi program yang komleks.
B. Tujuan Flow Chart
1. Mendapatkan suatu alur kerja yang komunikatif
2. Mengetahui suatu alur dan jalur proses pengerjaan sesuatu dapat dengan mudah dipahami dan dilalui serta diikuti user secara menyeluruh dan bermakna.
C. Hakikat Flow Chart
Merupakan suatu bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukkan arah aliran kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.
Simbol-simbol Flowchart
D. MODEL-MODEL FLOW CHART
Berikut ini contoh-contoh model flow chart yang secara sederhana yang dalam langkah selanjutnya bisa dikembangkan sesuai dengan kepentingan atau isi dari sebuah skenario atau lebih dikenal dengan story board.
Flow Chart Drill (Permainan)
Secara umum, tahapan pembelajaran dengan model drill adalah sebagai berikut:
1. Penyajian masalah-masalah dalam bentuk latihan soal
2. Siswa mengerjakan soal-soal latihan
3. Program merekam siswa, mengevaluasi, kemudian memberikan umpan balik
4. Jika jawaban yang diberikan siswa benar, maka program akan menyajikan materi selanjutnya dan jika jawaban siswa salah maka program menyediakan fasilitas untuk mengulangi latihan atau remidi.
a. Makna Flow Chart Drill
Pada prosedur pembelajaran dengan drill ini tidak disarankan terjadi proses pengulangan di tengah penyajian soal-soal latihan yang merupakan sajian materi itu sendiri (soal sama dengan materi) yang dilatihkan. Jadi proses pengerjaan bersifat mengalir dan baru bisa mengulang setelah si pembelajar menyelesaikan satu tahap pengerjaan latihan, itu pun setelah ia mengecek hasil kemampuannya apakah sudah memenuhi standar atau belum.
Flow Chart Program Drill
b. Model Flow Chart Untuk Program Tutorial
Adapun tahapan perkembangan dengan bantuan komputer model Tutorial:
1. Pengenalan/Petunjuk
2. Penyajian informasi materi
3. Pertanyaan/respon-respon
4. Penilaian respon
5. Pemberian balikan respon
6. Pengulangan
7. Segment pengaturan pelajaran
8. Pengenalan
9. Penutup
Flow Chart Proses Produksi Model Tutorial
c. Model Flow Chart Untuk Program Simulasi
Secara umum, proses produksi model simulasi:
d. Flow Chart Untuk Model Permainan (Games)
Model flow chart untuk program pembelajaran yang didesain dalam bentuk permainan secara umum:
Contoh Flow Chart Untuk Model Permainan Games
Tidak ada komentar:
Posting Komentar